Senin, Juli 22, 2024

Demi Kondusifitas, Sekretaris KNPI Pamekasan Minta Pilkades Ditunda

Thejatim.Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meminta pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Pamekasan ditunda. Minggu (26/02/2023)

Bukan tanpa alasan, permintaan pemundaan Pilkades tersebut dianggap penting demi menjaga kondusifitas tahapan pemilu yang saat ini sedang berlangsung.

Haidar Ansori selaku Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pamekasan mengatakan bahwa pada prinsipnya pelaksanaan Pilkades wajib dilaksanakan karena merupakan amanat Undang-undang, tapi yang perlu dipertimbangkan adalah waktu pelaksanaannya bersamaan dengan tahapan Pemilu Tahun 2024.

Baca Juga:  Sinergi Bangun Pamekasan, KNPI Temui Wakil Bupati Fattah Jasin

“Kalau pelaksanaanya tetap harus dilaksanakan, namun karena pelaksanaannya bersinggungan dengan pelaksanaan tahapan Pemilu yang akan datang, perlu mempertimbangkan beberapa hal, yaitu waktu pelaksanaan, keamanan dan kondusifitas wilayah, ketersediaan anggaran maupun sumber daya yang ada”katanya

Menurutnya, saat ini, konsentrasi masyarakat pamekasan dalam menghadapi tahapan sampai penetapan dalam pilkada serentak perlu dijaga, tanpa perlu direcoki dengan hal-hal lain.

Baca Juga:  Sinergi Bangun Pamekasan, KNPI Temui Wakil Bupati Fattah Jasin

“Karena tujuan pelaksanaan Pilkades agar kondusifitas wilayah dan sistem penyelenggaraan pemerintah dapat terlaksana, sehingga kita fokus sukseskan Pilkada serentak ini, sedangkan Pilkades baiknya ditunda dulu,”tambahnya

Apalagi menurut Haidar, saat ini pemerintah daerah sedang fokus pada pemenuhan anggaran Pemilu, Sehingga hal tersebut menurut Haidar, memiliki dasar dan alasan yang cukup agar pelaksanaan Pilkades ditunda setelah pemilu selesai.

Baca Juga:  Sinergi Bangun Pamekasan, KNPI Temui Wakil Bupati Fattah Jasin

Untuk diketahui terdapat 13 desa yang tersebar di Kecamatan Proppo, Kecamatan Pademawu, Kecamatan Pegantenan, Kecamatan Palengaan, Kecamatan Batumarmar, dan Kecamatan Pasean masih belum melaksanakan pilkades.

 

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT