Senin, Juli 22, 2024

Gratis, Uji Coba LRT Jabodebek Akan Dimulai Besok Senin, 15 Mei 2023

Jakarta, Thejatim.com – Masa uji coba LRT Jabodebek operasi berbayar tanpa penumpang akan dimulai pada Senin, 15 Mei 2023, menyusul hampir 93% penyelesaian pembangunan LRT tersebut.

Kepala Divisi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, Mochamad Purnomosidi, menyatakan bahwa peresmian LRT Jabodebek akan jatuh pada 12 Juli 2023 dan penerapan LRT berbayar dimulai pada 17 Agustus 2023.

“Kita akan grand launching dan mulai berbayar. Mulai senin kita sudah coba trail running (cek), jadi ini adalah masa sebagaimana mencoba LRT beroperasi berbayar,” ujar Purnomosidi dalam acara LRT Jabodebek Fun Run 2023 di GBK Arena

Purnomosidi mengatakan bahwa grand launching akan dilakukan setelah masa uji coba, dan sosialisasi akan dilakukan ke berbagai pihak mengingat LRT Jabodebek merupakan salah satu teknologi transportasi publik baru di Indonesia.

Baca Juga:  Airlangga Hartarto Masuk Daftar Rekomendasi Capres dari Musyawarah Rakyat, Jokowi Belum Buka Nama

Peresmian akan jatuh pada tanggal 12 Juli 2023 dan penerapan LRT berbayar dimulai pada 17 Agustus 2023. Baca juga: Disubsidi, Tarif Awal LRT Jabodebek akan di Bawah Rp12 Ribu

“Sementara belum berbayar, nanti tanggal 17 Agustus kita akan bareng dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung,” jelasnya.

Rute LRT Jabodebek terbagi menjadi dua area, yaitu hijau dan biru, dengan area hijau meliputi Bekasi hingga Dukuh Atas dan area biru meliputi Bekasi Timur hingga Dukuh Atas, bertemu di Stasiun Cawang-Cibubur-Halim, dan terintegrasi dengan kereta cepat Bandung.

Menurut Purnomosidi, penumpang LRT Jabodebek dapat turun di Halim, kemudian pindah ke Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Seluruh jalur dari mulai Cawang hingga Dukuh Atas akan terintegrasi dengan Halte Transjakarta.

Baca Juga:  Indonesia Pecahkan Rekor di SEA Games 2023: Timnas Merah-Putih Menjadi Juara Grup dengan Tiga Clean Sheet

Waktu operasional LRT Jabodebek dimulai dari pukul 06.00-21.00 WIB, dilanjutkan dari 05.30-23.15 apabila setelah kembali normal.

Kepala Divisi LRT Jabodebek juga mengatakan bahwa tarif pasti untuk LRT Jabodebek belum ditetapkan, namun pihaknya telah mengusulkan tarif sebesar Rp15.000 kepada pemerintah.

Purnomosidi menambahkan bahwa jika permintaan untuk LRT Jabodebek cukup tinggi dari Agustus hingga Desember, mereka akan segera mentransfer ke operasi normal.

“Agustus sampai Desember kalau permintaannya cukup tinggi, kita pasti akan segera mentransfer segera operasi normal,” tuturnya.

Purnomosidi menjelaskan bahwa dari Cibubur hingga Dukuh Atas, waktu perjalanan hanya memakan waktu 30 menit, yang menunjukkan potensi besar bagi LRT Jabodebek untuk menjadi sarana transportasi yang efisien dan andal.

Baca Juga:  Melampaui Batas UU HKPD: Berikut Rasio Belanja Pegawai di Daerah Jawa Timur 2023, Cek Daerahmu!!

LRT Jabodebek diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan di ibu kota dan sekitarnya.

Acara LRT Jabodebek Fun Run 2023 di GBK Arena, Jakarta pada Minggu (14/5) menjadi ajang bagi masyarakat untuk merasakan sensasi naik LRT Jabodebek sekaligus menjelajahi rute hijau yang meliputi Bekasi hingga Dukuh Atas.

LRT Jabodebek juga memiliki stasiun yang terintegrasi dengan moda transportasi lain, seperti Transjakarta dan kereta cepat Jakarta-Bandung, sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan.

Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, LRT Jabodebek akan memudahkan akses transportasi antara Jakarta dan kota-kota di sekitarnya. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT