Minggu, Juli 21, 2024

Indra Sjafri: Utak Atik Kunci Kesuksesan Timnas Indonesia U-22 Melawan Filipina

Jakarta, Thejatim.com-Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengungkapkan kunci kesuksesan dalam mengalahkan Filipina 3-0 pada laga perdana Grup A SEA Games 2023. Indra menyatakan bahwa timnya kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama, tetapi berhasil berkembang di babak kedua.

“Saya bersyukur tim arahannya bisa memenangi pertandingan berat. Pertandingan yang berat dan anak-anak di babak pertama belum bisa mengembangkan permainan. Tetapi mereka dari menit ke menit berkembang, dan di babak kedua mereka mulai bisa bermain dengan baik,” ujarnya dalam konferensi pers.

Pasukan Garuda Muda sempat kesulitan mencetak gol di sepanjang babak pertama di Stadion Olympic, Phnom Penh. Gol pembuka keunggulan Indonesia baru tercipta di menit ke-45 lewat aksi Marselino Ferdinan.

Dalam evaluasi penampilan Indonesia vs Filipina secara keseluruhan, Indra belum dapat memberikan penjelasan secara detail. Namun, menurutnya semua pemain sudah bekerja keras untuk memenangkan laga perdana.

“Saya tidak akan menyalahkan pemain-pemain karena bagaimana pun setiap pemain sudah memberikan kontribusi yang baik terhadap pertandingan, sehingga kita menang 3-0,” jelasnya.

Baca Juga:  Medali SEA Games Terus Mengalir: Terry Yudha dan Muhammad Daffa Raih Emas untuk Indonesia

Hasil ini membuat Indonesia berada di posisi kedua klasemen Grup A dengan torehan tiga poin. Namun, Indonesia kalah selisih gol dari Kamboja yang sukses menghajar Timor Leste 4-0.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Myanmar pada Kamis (4/5). Tiga hari kemudian, tim Garuda Muda akan melawan Timor Leste sebelum menjajal kekuatan tuan rumah Kamboja.

Dalam pertandingan melawan Myanmar, Indra Sjafri berharap agar timnya dapat tampil lebih baik dan mencetak kemenangan. Meskipun, dia menyadari bahwa tim Myanmar merupakan lawan yang tangguh.

“Kami tahu bahwa Myanmar adalah tim yang kuat dan kami harus bermain dengan lebih baik lagi. Saya yakin para pemain siap untuk menghadapi tantangan ini,” kata Indra.

Pada pertandingan selanjutnya melawan Timor Leste, Indra berencana untuk memberikan kesempatan bermain kepada beberapa pemain muda yang belum terlalu banyak mendapatkan kesempatan bermain.

“Saya ingin memberikan kesempatan kepada beberapa pemain muda untuk bermain di pertandingan berikutnya. Mereka sudah siap dan saya yakin dapat memberikan kontribusi positif untuk tim,” tuturnya.

Baca Juga:  Medali SEA Games Terus Mengalir: Terry Yudha dan Muhammad Daffa Raih Emas untuk Indonesia

Sementara itu, kapten timnas Indonesia U-22, David Maulana, menyatakan bahwa timnya akan berusaha untuk tampil lebih baik di pertandingan selanjutnya dan memenangkan setiap pertandingan.

“Kami akan berusaha untuk tampil lebih baik di pertandingan selanjutnya dan memenangkan setiap pertandingan. Kami berharap dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” kata David.

Meskipun meraih kemenangan pada laga perdana, Indra Sjafri menegaskan bahwa timnya harus tetap fokus dan tidak meremeh

“Tentu saja kami senang meraih kemenangan pada laga perdana, tapi kami tidak boleh terlalu percaya diri dan meremehkan lawan di pertandingan selanjutnya,” tegas Indra Sjafri.

Pelatih asal Padang tersebut juga menambahkan bahwa timnya masih perlu banyak perbaikan, terutama dalam menyelesaikan peluang yang ada di depan gawang lawan.

“Kami harus bekerja keras untuk memperbaiki hal-hal yang masih kurang dalam permainan kami. Khususnya dalam menyelesaikan peluang di depan gawang lawan,” ujarnya.

Baca Juga:  Medali SEA Games Terus Mengalir: Terry Yudha dan Muhammad Daffa Raih Emas untuk Indonesia

Indra juga mengapresiasi permainan Filipina yang cukup mengancam di beberapa kesempatan. Ia menilai bahwa Filipina bukanlah lawan yang mudah dihadapi.

“Filipina memiliki beberapa pemain yang cukup berbahaya, dan mereka memberikan tekanan yang cukup di beberapa momen. Jadi kami harus tetap waspada dan siap menghadapi lawan yang berbeda di setiap pertandingan,” tutur Indra.

Meskipun demikian, Indra Sjafri optimis dengan performa timnya di SEA Games 2023. Ia menyebut bahwa skuatnya sudah melakukan persiapan yang cukup matang dan siap menghadapi semua tantangan.

“Kami sudah melakukan persiapan yang cukup matang, dan semua pemain sudah siap untuk memberikan yang terbaik di setiap pertandingan. Kami akan terus bekerja keras untuk meraih hasil terbaik di SEA Games 2023 ini,” pungkasnya.

Pada pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Myanmar pada Kamis (4/5). Timnas Indonesia U-22 diharapkan dapat mempertahankan performa impresif mereka dan meraih kemenangan kedua di ajang SEA Games 2023.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT