Sabtu, Juli 20, 2024

Lebih Bagus Mana Berbuka Puasa dengan Air Putih, Es Teh atau Air Kelapa Muda? Berikut Penjelasannya…

TheJatim.com – Selain minum air putih, teh manis, ternyata air kelapa bisa menjadi salah satu menu yang bisa Anda beri perhatian lebih untuk berbuka puasa. Namun, di antara ketiganya, mana minuman yang lebih baik diminum saat berbuka puasa? 

Ternyata, buka puasa dengan air kelapa murni tanpa tambahan gula sangat baik karena kandungan kalium di dalamnya bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Namun, ada suatu hal yang perlu Anda perhatikan, yakni kandungan gula di dalam air kelapa yang Anda beli di luar. Biasanya, tukang kelapa menyajikan air kelapa dicampur gula cair. Jadi, jika memang Anda menginginkan air kelapa, belilah kelapa utuh. Selanjutnya, konsumsilah tanpa gula tambahan.

Selain membuat tubuh terasa segar, minum air kelapa juga akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

Baca Juga:  Atasi Kekeringan, LAZISNU Sumenep Salurkan 30 Ribu Liter Air Bersih
Air Kelapa

Dilansir dari Healthshots, air kelapa adalah salah satu minuman manis yang bisa menjadi alternatif buka puasa. Selain menyegarkan, air kelapa juga memiliki kandungan kalium yang tinggi, hingga mencapai 7.300 miligram per liter (mg/L), yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Bahkan, minum air kelapa saat perut kosong dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk kesehatan.

Minum air kelapa saat perut kosong dapat membuat tubuh menyerap nutrisi pada air kelapa dengan lebih efektif. Artinya, minum air kelapa saat berbuka puasa dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk kesehatan.

Sependapat dengan dr. Sepriani, Healthshots menyarankan untuk tidak menambahkan bahan lainnya ketika minum air kelapa, termasuk gula dan sirop, agar manfaat yang lebih besar bisa didapatkan.

Baca Juga:  Atasi Kekeringan, LAZISNU Sumenep Salurkan 30 Ribu Liter Air Bersih
Teh Manis

Jargon yang sering diingat dari salah satu produsen minuman di Indonesia. “Berbukalah dengan yang manis”. Ya, teh manis memang banyak dikonsumsi ketika berbuka puasa. Anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Akan tetapi, apakah aman mengonsumsi teh saat perut Anda dalam keadaan kosong?

Oleh sebab itu, dr. Sepriani tidak menyarankan minum teh saat berbuka puasa. Dia juga mengungkapkan bahwa teh manis seharusnya dihindari ketika Anda berbuka dengan makanan yang mengandung zat besi.

“Ketika Anda mengonsumsi teh manis setelah memakan daging atau sayuran hijau yang mengandung banyak zat besi, teh manis bisa mengikat zat besi tersebut. Akhirnya, penyerapan zat besi akan terhambat di dalam tubuh,” ujarnya.

Selanjutnya, kandungan kafein di dalam teh manis justru dapat membuat tubuh menjadi lebih dehidrasi. Kafein dalam teh mempunyai zat yang bersifat diuretik atau dapat memicu Anda untuk terus buang air kecil. Cairan pun semakin terkuras dari tubuh Anda. Karena itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman teh terlalu banyak karena mengandung kafein.

Baca Juga:  Atasi Kekeringan, LAZISNU Sumenep Salurkan 30 Ribu Liter Air Bersih
Air Putih

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, air putih adalah pilihan paling aman dan sehat untuk berbuka puasa. Tubuh kehilangan cairan lebih dari 12 jam, dan yang bisa menolong mengembalikan cairan dalam tubuh adalah air putih

Dalam sehari, biasanya manusia dianjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter. Ketika berpuasa, kebutuhan itu harus segara dicukupkan setelah waktu berbuka.

Jadi, mana yang lebih cocok diantara Teh Manis, Air Putih atau Air Kelapa Muda saat buka puasa nanti?

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT