Sabtu, Juli 20, 2024

Pandangan Masyarakat Terhadap Keadaan Ekonomi Nasional: Tren Positif dan Keprihatinan yang Muncul

Jakarta. Thejatim.com – Lembaga survei Indikator merilis hasil Survei Nasional yang berlangsung dari 30 April hingga 6 Mei 2023. Survei ini menggunakan metode random digit dialing (RDD) untuk memilih sampel responden.

Pertanyaan dalam survei yang dilakukan oleh Indikator berkaitan dengan pandangan responden terhadap keadaan ekonomi nasional pada umumnya.

Pertanyaan yang disampaikan, “Bagaimana Ibu/Bapak melihat keadaan ekonomi nasional pada umumnya sekarang? sangat baik, baik, sedang, buruk, atau sangat buruk? dalam persen)”

Hasilnya cukup mengejutkan. Berdasarkan data yang dirilis, ditemukan bahwa persentase responden yang menyatakan keadaan ekonomi nasional sangat baik sebesar 5,6%.

Meskipun persentase ini relatif rendah, namun bisa dianggap sebagai suatu indikator positif yang menunjukkan adanya sekelompok kecil responden yang melihat kondisi ekonomi nasional dengan sangat baik.

Sebagian besar responden, sekitar 24,0%, menyatakan bahwa keadaan ekonomi nasional tergolong dalam kategori baik. dalam artian terdapat persepsi positif yang lebih luas terhadap kondisi ekonomi saat ini, diabandingkan dengan kelompok sangat baik.

Persentase terbesar dalam survei ini adalah 38,3% responden yang menganggap keadaan ekonomi nasional sedang.

Ini menunjukkan adanya pandangan netral yang mendominasi, di mana sebagian besar responden berpendapat bahwa keadaan ekonomi tidak sangat baik atau buruk, melainkan berada di tengah-tengah.

Sejumlah 22,9% responden menganggap keadaan ekonomi nasional buruk. Persentase ini mengindikasikan adanya keprihatinan signifikan terhadap kondisi ekonomi.

Responden yang menyatakan bahwa keadaan ekonomi nasional sangat buruk sebesar 8,6%.

Persentase ini menunjukkan bahwa ada sebagian kecil responden yang sangat pesimis terhadap kondisi ekonomi saat ini dan melihatnya sebagai sesuatu yang sangat buruk.

Hanya 0,7% responden yang menjawab TT/TJ, yang mungkin mengacu pada tidak tahu/tidak menjawab.

Jumlah ini cukup rendah, yang menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki pandangan atau pendapat terkait keadaan ekonomi nasional saat ini.

Secara keseluruhan, hasil survei ini menggambarkan variasi pandangan responden terhadap keadaan ekonomi nasional.

Meskipun ada sekelompok kecil responden yang melihatnya dengan sangat baik, mayoritas responden cenderung mempersepsikan keadaan ekonomi dalam kategori baik, sedang, atau buruk.

Hal ini mencerminkan kompleksitas dan perbedaan pengalaman yang ada di masyarakat terkait dengan kondisi ekonomi nasional awal tahun 2023.

Survei ini memberikan gambaran mengenai sentimen masyarakat terhadap keadaan ekonomi nasional pada periode waktu yang spesifik.

Perlu dicatat bahwa pandangan masyarakat terhadap kondisi ekonomi dapat berubah seiring waktu. (mf)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT