Minggu, Juli 21, 2024

Semarak Hari Jadi Pamekasan ke-492, Disporapar Gelar Lomba Orasi Kepemudaan

Thejatim. Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan menggelar lomba orasi kepemudaan di lapangan Nagara Bhakti Pendopo Ronggosukowati, Selasa (18/10/2022).

Dalam kesempatan itu, kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan, Kusairi, menuturkan diadakannya lomba orasi kepemudaan di kabupaten Pamekasan sebagai wadah bagi pemuda untuk berproses mengembangkan sikap kritis sehingga menjadi generasi emas masa depan.

Dengan kegiatan tersebut, pria yang pernah menjadi sebagai Kasatpol PP Pamekasan berharap, pemuda ikut berperan aktif mendorong kemajuan daerah dengan ide dan karya-karyanya.

”Lomba orasi kepemudaan di Pamekasan diharapkan menjadi wadah pemuda dalam mengembangkan skill dan meningkatkan kreativitas,”katanya

Sementara Hasimuddin, Kepala Seksi Kepeloporan dan Kepemimpinan Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan menerangkan, lomba orasi ini digelar sebagai upaya pemerintah dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) pemuda di wilayah Pamekasan.

“Program peningkatan kapasitas pemuda harus dilaksanakan agar peran, pengetahuan serta wawasan pemuda terwujud dengan baik,”jelasnya

Dalam lomba orasi kepemudaan tersebut, sebanyak 21 kelompok dan terdiri dari 1 hingga 10 orang setiap kelompoknya.

“Lomba diikuti oleh pemuda di Pamekasan, terdiri dari siswa SMA sederajat, perguruan tinggi dan organisasi kepemudaan,” tutur Hasimuddin.

Menurutnya, dengan adanya lomba orasi kepemudaan ini akan melatih kepekaan sosial kaum muda dan kemampuan berfikir kritis. Selain itu, kaum muda didorang untuk berperan aktif dalam mewujudkan Pamekasan hebat.

“Peran pemuda sebagai kontrol sosial dapat diwujudkan dengan membangkitkan sikap kritis dan meningkatkan partisipasi kebijakan publik,” tutupnya (Has)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT