Minggu, Juli 21, 2024

Timnas U22 Indonesia Mengakhiri Dahaga Gelar 32 Tahun, Raih Emas SEA Games 2023 dengan Kemenangan Dramatis atas Thailand

Thejatim. Selamat kepada Timnas U22 Indonesia atas kemenangan mereka yang mengesankan dan meraih medali emas dalam sepak bola SEA Games 2023! Hasil yang spektakuler ini pasti akan menjadi momen bersejarah bagi sepak bola Indonesia.

Pertandingan final melawan Thailand di National Olympic Stadium pada tanggal 16 Mei 2023 memang penuh dengan dramatis. Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor akhir 5-2 setelah melalui waktu perpanjangan selama 120 menit. Gol-gol yang mengantarkan kemenangan Indonesia dicetak oleh Ramadhan Sananta (menit ke-21 dan 45+4), Irfan Jauhari (menit ke-91), Fajar Fathur Rahman (menit ke-107), dan Beckham Putra (menit ke-120).

Thailand juga berhasil mencetak dua gol melalui Anan Yodsangwal (menit ke-65) dan Yotsakon Burapha (menit ke-90+7), tetapi Indonesia tetap kuat dan mampu mengamankan kemenangan dengan skor akhir 5-2.

Baca Juga:  Kepala Desa Dikunci di Balai Desa oleh Warga: Aksi Protes terhadap PTSL

Pertandingan ini juga mencatatkan empat kartu merah yang dikeluarkan oleh wasit. Kartu merah diberikan kepada Komang Teguh (Indonesia), Jonathan Khemdee (Thailand), Soponwit Rakyart (kiper Thailand), dan Teerasak Poeiphimai (Thailand).

Kemenangan ini sangat berarti bagi Timnas U22 Indonesia karena mereka berhasil mengakhiri penantian selama 32 tahun untuk meraih gelar sepak bola SEA Games. Sebelumnya, Indonesia terakhir kali menjadi juara dalam edisi SEA Games tahun 1991.

Jalannya pertandingan final menunjukkan semangat dan determinasi timnas Indonesia untuk mencapai kemenangan. Mulai dari gol pertama yang dicetak oleh Ramadhan Sananta pada menit ke-21 setelah menerima umpan dari Alfeandra Dewangga. Witan Sulaeman juga berperan penting dengan pergerakan dari sisi kiri dan memberikan umpan kepada Sananta yang menggandakan keunggulan pada menit ke-32.

Baca Juga:  Berkah Presiden Jokowi Bersepeda di CFD Sudirman-Thamrin

Meskipun Thailand berhasil memperkecil kedudukan melalui gol Anan Yodsangwal pada menit ke-65, Indonesia tetap bertahan dengan gigih. Marselino Ferdinan hampir mencetak gol pada menit ke-80 melalui tendangan bebas, tetapi kiper Thailand, Soponwit Rakyart, melakukan penyelamatan.

Pertandingan semakin dramatis saat Thailand berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit-menit akhir melalui gol Yotsakon Burapha pada menit ke-90+7. Namun, Timnas U22 Indonesia tidak menyerah dan mencetak gol penting melalui Irfan Jauhari pada menit ke-91 dalam waktu perpanjangan.

Baca Juga:  Zohri Siap Kejar Emas! Catatan Rekor dan Kesiapan Menggebrak di Nomor 100 Meter SEA Games 2023

Keunggulan Indonesia semakin mantap setelah kartu merah diberikan kepada Komang Teguh dan Soponwit Rakyart, sehingga Thailand harus bermain dengan hanya sembilan pemain. Fajar Fathur Rahman mencetak gol pada menit ke-106, dan Beckham Putra menutup pertandingan dengan gol pada menit ke-120, mengamankan kemenangan 5-2 bagi Indonesia.

Kemenangan ini menjadi prestasi luar biasa bagi Timnas U22 Indonesia, mempertahankan keunggulan mereka dan memenangkan medali emas di SEA Games 2023. Semoga momen ini dapat memotivasi dan menginspirasi perkembangan sepak bola Indonesia di masa depan.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT