Minggu, Juli 21, 2024

Bikin Tajir, 5 Keuntungan TikTok Affiliate, Bisa Jadi Influencer!

Jakarta, Thejatim.com – Apakah Anda pernah mendengar istilah affiliate? Bagi Anda yang belum tahu, Affiliate merupakan salah satu metode pemasaran digital yang akhir-akhir ini cukup populer diterapkan oleh pengusaha-pengusaha online di Indonesia. Dengan menjadi affiliate, seseorang akan menerima komisi atau pendapatan apabila barang yang dipromosikan melalui tautan afiliasi atau link berhasil dibeli orang seseorang.

Barang tersebut biasanya akan dipromosikan seorang affiliate melalui berbagai platform media sosial. Salah satu program affiliate adalah TikTok affiliate.

Tiktok affiliate merupakan salah satu program afiliasi dimana program tersebut di bawah naungan aplikasi Tiktok yang menjadi media dalam menghubungkan antara affiliate dengan penjual yang membuka toko di aplikasi tersebut.

Dengan menjadi Tiktok affiliate, banyak keuntungan yang Anda miliki, apa saja ya kira-kira?

Simak 5 keuntungan menjadi TikTok affiliate :

1. Bisa Dilakukan Kapan Saja dan Dimana Saja

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan ketika mendaftarkan diri menjadi affiliate adalah betapa fleksibelnya waktu untuk pengerjaanya. Pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kebebasan atau mungkin yang memiliki pekerjaan tetap, namun ingin menambah pemasukan.

Dengan menjadi affiliate, Anda tidak akan terikat dengan suatu kontrak dimana telah ada waktu yang ditentukan. Anda bisa dengan senang hati mempromosikan suatu produk sesuka hati. Jadi, tidak ada alasan apabila menjadi affiliate dapat mengganggu waktu Anda. Pekerjaan yang satu ini dianggap dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai waktu yang Anda miliki.

Baca Juga:  Austria Larang Pegawai Pemerintah Gunakan TikTok di Ponselnya

Misalnya, pada minggu ini, kebetulan Anda sedang sibuk-sibuknya, entah itu urusan pendidikan, keluarga, atau pekerjaan. Maka, Anda bisa dengan tenang meninggalkan posisi sebagai affiliate sementara waktu, karena tidak terikat akan aturan. Bahkan, pekerjaan ini pun bisa Anda lakukan sewaktu-waktu liburan atau lebaran nanti, sangat fleksibel bukan?

2. Mendapatkan Pasif Income

Anda yang memiliki pekerjaan tetap pun bisa melakukan pekerjaan ini untuk mendapatkan pasif income. Bukan hanya karyawan, bagi ibu rumah tangga yang tetap ingin mengerahkan seluruh waktunya untuk menjaga si bayi dan merawat rumah, pun bisa melakukan pekerjaan ini.

Nantinya, penghasilan yang didapatkan memang tidak tetap namun bisa menjadi pendapatan pasif Anda dan bisa juga menjadi aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan pada waktu-waktu luang. Bahkan, mahasiswa pun juga bisa mendaftarkan dirinya, loh! Lumayan untuk menambah-nambah uang jajan, apalagi yang hendak mencoba menjadi orang yang mandiri!

3. Minim Biaya

Menjadi seorang affiliate tidak selalu mengeluarkan biaya, Anda bisa juga sama sekali tidak mengeluarkan biaya atau tanpa modal sama sekali! Bagaimana caranya? Anda hanya perlu mempromosikan barang-barang dari online shop yang memberikan komisi apabila tugas Anda sebagai affiliate berhasil.

Baca Juga:  Induk Perusahaan TikTok Muncer di Tengah Pandemik COVID-19

Foto dari barang-barang yang dipromosikan tadi, bisa Anda comot dari foto online shop tersebut. Lalu bagaimana dengan review barangnya? Tak perlu khawatir! Walaupun tidak mencoba barang secara langsung, namun Anda bisa merangkum review dari para pembeli sebelumnya. Anda bisa menjabarkan kelebihan-kelebihan yang dirasakan konsumen akan barang tersebut.

Namun tidak salah juga apabila Anda ingin mengulas barang tersebut sendiri. Pilihannya ada dua, mengulas barang yang memang sudah sering Anda beli lalu dipromosikan kepada pengikut Anda di media sosial atau memang sengaja membeli barang tersebut untuk pertama kalinya dan mengulas keunggulan-keunggulan dari barang tersebut dengan jujur. Lagi-lagi, dengan menjadi affiliate, Anda tidak perlu risau perihal biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mempromosikan suatu produk.

4. Keuntungan Tidak Terbatas

Memang pekerjaan yang satu ini dapat dikatakan sebagai pekerjaan sampingan, namun tak sedikit pula banyak orang yang menjadikan affiliate sebagai salah satu pekerjaan dengan pendapatan utama mereka. Nah, hal ini berlaku apabila tugas mereka sebagai affiliate sangat-sangat berhasil sampai-sampai bisa mendapatkan keuntungan di atas rata-rata.

Menjadi seorang affiliate memang terlihat remeh atau mungkin underestimate bagi beberapa orang, namun tak sedikit para affiliate menceritakan bahwa pemasukan yang didapatkan bisa mencapai 10 juta lebih per bulannya. Hal ini dikarenakan ia berhasil mempersuasi para pengikut media sosialnya untuk membeli produk terkait.

Baca Juga:  Mau Video Kamu Viral di TikTok? Simak Jadwal FYP TikTok 2023 dan Tips yang Wajib Kamu Coba!

Jadi, apabila Anda mendaftarkan diri sebagai seorang affiliate, jangan ragu untuk terus bekerja keras. Memang pendapatan awalnya mungkin tidak seberapa apalagi mengingat kompetitor semakin meningkat, namun dengan kerja keras Anda, bisa saja hal tersebut terbayarkan dan Anda berhasil mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas!

5. Peluang Menjadi Influencer

Salah satu cara menjadi influencer bisa loh melalui affiliate! Peluang menjadi influencer bisa saja terjadi apabila pengaruh Anda sebagai affiliate sangat dipercayai oleh banyak orang. Memang, mulanya kecil-kecil dahulu namun siapa yang tahu jika seiring waktu, promosi Anda malah banyak meracuni orang-orang dan potensi Anda populer pun semakin meningkat.

Kalau sudah begitu, Anda pun bisa melakukan kerja sama dengan banyak brand apabila nantinya menjadi influencer dan pendapatan yang tadinya masih pasif bisa menjadi pendapatan aktif karena pekerjaan sebagai influencer. Gimana, menarik bukan?

Nah itu dia tadi beberapa keuntungan menjadi seorang TikTok Affiliate. Selain program tersebut, ada juga jenis-jenis affiliate lainnya seperti Shopee Affiliate dan Lazada Affiliate yang bisa Anda coba, loh!

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT