Minggu, Juli 21, 2024

GESID Jawa Timur: Bonus Demografi, Peluang Emas Pemuda Desa

Thejatim – Indonesia akan mengalami “Bonus Demografi” yakni peningkatan jumlah penduduk yang signifikan. Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan jumlahnya akan terus meningkat hingga 2045. Puncak pada kurun waktu 2020-2030, hal itu ditandai dengan jumlah penduduk produktif atau angkatan kerja berusia 15-64 tahun lebih besar dibandingkan usia nonproduktif, 0-14 tahun dan di atas 64 tahun.

Baca Juga:  Langkah Konkrit GESID Jatim: Menuju Masa Depan Indonesia Emas 2045

Pengurus Bidang Pemberdayaan Desa Generasi Emas Indonesia (GESID) Jawa Timur, Afifurrahman menyampaikan bahwa bonus demografi merupakan momentum bagi pemuda untuk meningkatkan perekonomian melalui inovasi potensi desa masing-masing. 

“GESID Jawa Timur mendorong pemuda desa untuk berperan dalam peningkatan ekononomi dengan konsep one man one village one product”, ucapnya.

Melalui fokus pemberdayaan desa dan generasi muda, salah satu programnya yaitu menciptakan enterpreneur pemuda desa dengan pemasaran melalui media digital. 

Baca Juga:  Langkah Konkrit GESID Jatim: Menuju Masa Depan Indonesia Emas 2045

“Seperti halnya konten creator dapat memasarkan potensi desa agar meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes)”, jelasnya. 

Imam Habib Suudi, Ketua GESID Jawa Timur juga menuturkan, kedepanya ada GESID Awards untuk pemuda desa yang berhasil menggerakan ekonomi desa dengan ditandai naiknya PADes.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT