Senin, Juli 22, 2024

Kapitalisasi Pasar Ferrari Mengalahkan Perusahaan Induk Stellantis, Ini Penyebabnya

Kapitalisasi pasar mobil sport Ferrari membuatnya menjadi perusahaan otomotif terbesar ke-8 di dunia. Meski hanya memproduksi sekitar 14.000 kendaraan pada 2022, Ferrari mengalahkan kapitalisasi pasar perusahaan induk Stellantis yang memiliki 14 merek mobil.

Saat ini, kapitalisasi pasar Ferrari di atas Ford, Honda, General Motors, dan Hyundai.

Di antara produsen mobil Eropa, Ferrari adalah saham dengan kinerja terbaik, dengan kenaikan 34% sejak awal 2023.

Kapitalisasi pasar Ferrari meningkat berkat SUV pertamanya, Purosangue, yang menjadi sangat populer setelah pembukaannya pada September.

Meski demikian, ada beberapa produsen mobil lain yang masih memiliki kapitalisasi pasar di atas Ferrari, seperti BYD, Mercedes-Benz, Volkswagen, dan BMW.

Sementara itu, Toyota sebagai produsen mobil terbesar dunia berdasarkan penjualan berada di posisi kedua, dan Porsche di urutan ketiga.

Keberhasilan Ferrari dalam kapitalisasi pasar saham terbaru membuatnya semakin populer di kalangan investor. Hal ini menjadi bukti bahwa kapitalisasi pasar tidak selalu sejalan dengan jumlah produksi mobil.

Ferrari membuktikan bahwa merek mobil dengan kualitas tinggi dan eksklusif dapat menghasilkan nilai yang lebih tinggi di pasar.

Dalam laporan Automotive News Europe, disebutkan bahwa kinerja Ferrari di pasar saham mengalami peningkatan yang signifikan sejak awal tahun 2023. Pada awal Januari, kapitalisasi pasar saham Ferrari hanya sebesar 29 miliar euro, namun kini telah meningkat hingga mencapai 37 miliar euro.

Kapitalisasi pasar Ferrari yang lebih tinggi dari Stellantis menunjukkan bahwa investor lebih memilih investasi di perusahaan mobil sport mewah daripada produsen mobil massal yang lebih terjangkau secara harga.

Ini juga menunjukkan tingginya kepercayaan investor pada kemampuan Ferrari untuk terus tumbuh di masa depan.

Meski hanya memproduksi sekitar 14.000 mobil per tahun, Ferrari terkenal dengan mobil sport mewah yang sangat diminati di seluruh dunia.

Selain itu, Ferrari juga meraih keuntungan besar dari penjualan merchandise dan lisensi mereknya yang terkenal di seluruh dunia.

Sementara itu, Purosangue yang merupakan SUV pertama yang dirilis oleh Ferrari pada September 2022 mendapatkan respons yang sangat positif dari pasar.

Pesanan untuk mobil tersebut ditutup dalam waktu 2 bulan setelah mobil tersebut dirilis, menunjukkan tingginya minat konsumen terhadap mobil sport mewah yang dirilis oleh Ferrari.

Dengan kinerja yang terus meningkat dan produk-produk yang terus diminati oleh pasar, Ferrari berharap dapat terus mempertahankan posisinya sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar dan terkemuka di dunia.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT