Senin, Juli 22, 2024

Sekolah Gerakan: Soroti Kebijakan Anggaran Kabupaten Sumenep

thejatim.com – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Sumenep menggelar Sekolah Gerakan di Fathimah International Elementary School, Kecamatan Manding, Sumenep, Kamis-Ahad (18-21/01/2024).

Acara yang menggandeng Fakta Foundation itu bertajuk ‘Membangun Kesadaran Kritis Generasi Milenial terhadap Isu Sosial’. Diikuti oleh pengurus dan kader internal Lakpesdam NU Sumenep dan Fakta Foundation.

Baca Juga:  Guru RA Muslimat NU Mojopetung Dipecat, Emak-Emak Mogok Sekolahkan Anaknya

Sekretaris Lakpesdam NU Sumenep, Nurus Syamsi mengatakan kegiatan tersebut setidaknya memuat dua tujuan utama. Pertama, peningkatan kapasitas internal kelembagaan Lakpesdam NU dan Fakta Foundation dalam dunia gerakan.

“Khususnya gerakan advokasi kebijakan publik. Terkhusus lagi di ranah anggaran,” ungkapnya kepada awak media, Jumat (19/01/2024).

Tujuan kedua yaitu terciptanya kader yang terkonsolidasi secara sistematis dalam gerakan advokasi kebijakan anggaran di Kabupaten Sumenep. Sebab, menurutnya, sejauh ini masih belum berpijak kepada kepentingan rakyat.

Baca Juga:  Lembaga Bimbel dan Les Privat Dhâmar Kambhâng Resmikan Kantor

“Sejauh ini kebijakan pemerintah yang tergambar dalam kebijakan anggaran, dalam hal ini APBD Sumenep, dalam tiga tahun terakhir belum sepenuhnya pro rakyat dan belum transparan,” tambahnya.

Sekolah Gerakan ini, lanjut Syamsi, menghadirkan beberapa pemateri yang ahli di bidangnya. Di antaranya, Ketua Bawaslu Jawa Timur A Warits, Manajer NU Online Jatim Moch Rofi’i Boenawi, dan Koordinator Lembaga Fitra Jawa Timur Dahlan.

Baca Juga:  Pagar Nusa dan Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak di Gapura Sumenep

“Adapun materinya, antara lain Media dan Opini Publik, Teknik dan Strategi Advokasi, dan Analisis Anggaran,” tandasnya.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT