Sabtu, Juli 20, 2024

3.308 Personel Gabungan Kawal Transisi New Normal Malang Raya

Ribuan petugas gabungan diterjunkan untuk mengawal fase transisi yang berlangsung selama satu pekan pascaberakhirnya PSBB Malang Raya. Petugas akan mendisiplinkan warga untuk taat protokol COVID-19.

“Personel gabungan jumlahnya kurang lebih 3.308, terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub. TNI sendiri mendekati 1.200 personel,” terang Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel (Inf) Zainuddin kepada wartawan usai rakor di kantor Bakorwil Malang Jalan Terusan Ijen, Minggu (31/5/2020).

Baca Juga:  Langkah Konkrit GESID Jatim: Menuju Masa Depan Indonesia Emas 2045

Danrem menegaskan, personel gabungan bertugas untuk mengingatkan masyarakat agar patuh terhadap protokol COVID-19. Seperti memakai masker saat di luar rumah dan jaga jarak.

“Kita hanya mendisiplinkan orang saja, yang dikhawatirkan itu masyarakat euforia. Kita lihat saja, Korea Selatan, habis lockdown, buka, kena lagi. Tapi yang paling penting, di hulu, membangun kesadaran masyarakat sangat penting,” tegas Danrem.

Ribuan personel ini, lanjut Danrem, akan ditempatkan di sejumlah titik. Seperti pusat keramaian, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan atau mal, pasar, hingga restoran.

Baca Juga:  Bendungan Tukul Pacitan Diresmikan Jokowi, Gubernur Khofifah : 600 Hektar Saluran Irigasi Teraliri Air

“Namun di setiap tempat tersebut, kebutuhan personel akan disesuaikan. Paling banyak di tempat wisata itu. Itu fleksibel, ada yang statis dan mobile (bergerak),” beber Danrem.

Dalam kesempatan itu, Danrem memberikan sinyal akan dibukanya obyek wisata. Akan tetapi penerapan pengamanan akan menyesuaikan kondisi di lapangan.

“Nanti skema akan kita tinjau, di tempat wisata, karena masing-masing objek berbeda. Tergantung keunikan objek itu, nanti bisa juga sistem jalur. Tidak bersimpangan,” jelas Danrem.

Baca Juga:  Jurnalis Nahdliyin Rilis 12 Tokoh Muda Inspiratif Jatim 2021

Pascapenerapan PSBB yang berakhir 30 Mei 2020, Malang Raya bersiap memasuki fase transisi new normal. Sesuai kesepakatan tiga kepala daerah di Malang Raya dan restu Gubernur Jawa Timur, fase transisi akan berlangsung selama 7 hari.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT