Minggu, Juli 21, 2024

Arus Balik Pemudik di Jawa Tengah Diprediksi akan Meningkat pada Akhir Pekan Ini

Semarang, Thejatim.com – Gerbang Tol (GT) Kalikangkung telah memantau bahwa 70 persen kendaraan pemudik arus balik telah meninggalkan Provinsi Jawa Tengah. Sebanyak 30 persen sisanya diprediksi akan kembali mulai dari Sabtu (29/4/2023) hingga Senin (1/5/2023) besok.

Menurut laporan pergerakan arus lalu lintas di GT Kalikangkung, terlihat peningkatan jumlah kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta sejak Sabtu siang, dibandingkan pada hari Kamis (27/4/2023) dan Jumat (28/4/2023) kemarin.

Data pada Kamis menunjukkan sebanyak 45.770 kendaraan pemudik, sementara pada Jumat, jumlahnya menurun menjadi 43.926 kendaraan.

Hingga data terakhir Pukul 12.00 WIB pada Sabtu ini, sudah tercatat sebanyak 14.765 unit kendaraan yang meninggalkan Kota Semarang.

Baca Juga:  Tol Jagorawi Macet, Kendaraan Menuju Puncak Dialihkan keluar Tol Bogor

Nasrullah, Direktur Utama PT Jasamarga Semarang – Batang, dikutip dari Beritasatu.com, memperkirakan bahwa puncak kepadatan pemudik yang kembali ke Jakarta akan terjadi pada akhir pekan ini, meski jumlahnya tidak terlalu signifikan.

“Kalau puncak arus balik yang pertama kemarin sudah lewat, di tanggal 25 April itu ada 55.092 kendaraan yang meninggalkan Semarang, dan kemungkinan pada akhir pekan ini akan ada puncak arus balik yang kedua. Tetapi jumlahnya tidak terlalu signifikan karena hanya tersisa 30 persen kendaraan,” ungkapnya pada Sabtu (29/4/2023).

Baca Juga:  Jokowi Ajak Pemudik Tunda Balik, Guna Hindari Kemacetan

Meskipun volume kendaraan yang melintas di jalan tol wilayah Jawa Tengah masih dapat diatasi dengan baik, penerapan skema one way di jalan tol wilayah Jawa Tengah telah dihentikan. Skema one way saat ini hanya berlaku di wilayah Jawa Barat mulai dari KM 188 Palimanan hingga KM 72 Cikatama.

Untuk mengatur kelancaran arus balik di GT Kalikangkung, PT Jasamarga Semarang – Batang memaksimalkan 12 gardu transaksi dan 9 mobile reader. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses transaksi dan menghindari terjadinya antrian panjang di gerbang tol.

Baca Juga:  Tol Jagorawi Macet, Kendaraan Menuju Puncak Dialihkan keluar Tol Bogor

Nasrullah menambahkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan pihak keamanan dan pihak terkait lainnya untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas. Mereka juga terus memantau pergerakan kendaraan melalui kamera CCTV yang terpasang di sepanjang jalan tol.

Dalam rangka menghindari terjadinya kemacetan, PT Jasamarga Semarang – Batang meminta para pemudik untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan. Para pemudik juga diminta untuk mematuhi aturan lalu lintas dan menghindari berkendara dalam keadaan lelah atau mengantuk.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT