Minggu, Juli 21, 2024

Jokowi Ajak Pemudik Tunda Balik, Guna Hindari Kemacetan

Jakarta. Thejatim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk menunda balik mudik guna menghindari kemacetan pada arus balik Lebaran.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Senin, 24 April 2023. Pemerintah memprediksi setidaknya 203.000 kendaraan per hari dari arah timur jalan Tol Trans Jawa dan dari arah Bandung diperkirakan akan melalui tol Jakarta-Cikampek pada beberapa hari ke depan.

“Beberapa hari ke depan kita akan dihadapkan dengan kondisi arus balik, data kemenhub memprediksi setidaknya 203.000 kendaraan per hari dari arah timur jalan Tol Trans Jawa dan dari arah Bandung diperkirakan akan melalui tol Jakarta-Cikampek,” ujar Jokowi via YouTube Sekretariat Presiden, Senin (24/4/2023).

Baca Juga:  Airlangga Hartarto Masuk Daftar Rekomendasi Capres dari Musyawarah Rakyat, Jokowi Belum Buka Nama

Kondisi arus balik yang padat akan terjadi di jalan Tol Trans Jawa dan tol Jakarta-Cikampek pada minggu ini.

Jokowi mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menunda balik atau memundurkan jadwal kembali mudik setelah tanggal 25 April.

“Pemerinah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik dengan cara menunda, atau memundurkan jadwal kembali mudik setelah tanggal 25 April,” tutur Jokowi.

Baca Juga:  Tepis Pernyataan Jokowi, Fadlizon: Prabowo Tetap sebagai Capres 2024

Ajakan ini juga berlaku untuk ASN, TNI, Polri, BUMN, atau pegawai swasta. Ketentuan ini dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing, seperti bentuk cuti tambahan atau cuti lainnya.

“Ketentuan ini juga berlaku untuk ASN, TNI, Polri, dan BUMN ataupun pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing seperti bentuk cuti tambahan atau cuti lainnya,” tegasnya.

Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama melakukan perjalanan.

Baca Juga:  Jokowi Meminta Kesatuan ASEAN dalam Menyelesaikan Konflik Myanmar di KTT ASEAN Ke-42

Selain itu, pihak keamanan akan terus melakukan patroli dan mengatur arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan juga telah meminta masyarakat untuk menunda balik mudik setidaknya hingga 25 April agar bisa mengantisipasi kemacetan di jalan Tol Trans Jawa.

Pemudik juga disarankan untuk memperhatikan kondisi kendaraan dan persiapannya sebelum melakukan perjalanan.

Pemerintah juga telah menyiapkan posko pengamanan dan kesehatan di sepanjang jalur mudik untuk memberikan bantuan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT