Minggu, Juli 21, 2024

CBFest 2023: Bank Indonesia Ajak Stakholder Merasakan Kemudahan Layanan Kebanksentralan

Thejatim. Bank Indonesia (BI) memiliki peran ganda sebagai bank sentral dan penyedia layanan jasa kebanksentralan. Dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan, BI mendorong digitalisasi infrastruktur kebansentralan.

Salah satu inisiatif terbarunya adalah Central Banking Services Festival 2023 (CBFest 2023), yang bertujuan memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang layanan kebanksentralan.

Bank Indonesia (BI) memiliki peran ganda sebagai bank sentral. Selain menjalankan kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran, BI juga menyediakan layanan jasa kebanksentralan sebagai pemegang kas Pemerintah. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 3 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia.

Baca Juga:  Mendorong Pertumbuhan UMKM melalui Sinergi Bank Indonesia dan Perguruan Tinggi: Akses Pembiayaan, Pasar, dan Kapasitas Produksi Melalui SIAPIK

Layanan kebanksentralan BI meliputi perizinan terpadu, penyelesaian transaksi Pemerintah, dan penyelesaian transaksi tresuri. BI berkomitmen meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan infrastruktur layanan kebansentralan melalui digitalisasi.

Penguatan infrastruktur layanan kebansentralan secara elektronik dilakukan untuk menjawab kebutuhan pengguna, seperti Kementerian Keuangan RI, Perbankan, dan mitra strategis lainnya.

BI mengadakan Central Banking Services Festival 2023 (CBFest 2023) dengan tema “Leveraging Digital Central Banking Services for Economic Recovery”. Festival ini dimulai dengan kegiatan Fun Walk di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta pada tanggal 11 Juni, yang melibatkan seluruh pengguna layanan kebanksentralan.

Baca Juga:  Laporan Keuangan BI Raih Opini WTP dari BPK RI, Bukti Akuntabilitas Menata Keuangan

CBFest 2023 bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang layanan kebanksentralan. Mitra strategis BI yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Kementerian Keuangan RI, Otoritas Jasa Keuangan, PPATK, LPS, Perbanas, Himbara, asosiasi, dan penyedia jasa sistem pembayaran.

Selain Fun Walk, CBFest 2023 juga menyelenggarakan kompetisi video pendek dengan tema layanan kebanksentralan.

Pameran booth UMKM mitra kantor Perwakilan BI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat diadakan selama penyelenggaraan kegiatan CBFest 2023.

Baca Juga:  Dampak Ransomware pada Institusi Keuangan: Analisis Serangan Siber Terbaru di Indonesia

BI memberikan perhatian pada lingkungan dengan menyertakan kegiatan yang ramah lingkungan dalam CBFest 2023. Fun Walk dilengkapi dengan penyaluran Program Dedikasi untuk Negeri Bank Indonesia kepada Yayasan Kota Tua, berupa unit stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik (EV Car) dan sarana pendukung rumah ibadah di kawasan Kota Tua.

Penyelenggaraan CBFest 2023 merupakan upaya BI untuk meningkatkan layanan kebanksentralan bagi mitra strategis dan pemangku kepentingan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung tugas BI di bidang Moneter, Makroprudensial, dan Sistem Pembayaran-Pengelolaan Uang Rupiah. (sml)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT