Jumat, Juli 19, 2024

Mahfud MD: Islam Agama Inklusif dan Kosmopolit dalam Hidup Bernegara

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD berpesan tentang saling menghormati antarumat beragama kepada umat Islam.

Menurut Mahfud, Islam merupakan agama inklusif dan kosmopolit dalam hidup bernegara di mana tidak ada negara yang monolitik di dunia ini.

Ia meminta umat Islam di Indonesia untuk tidak berlaku sewenang-wenang terhadap minoritas karena Indonesia adalah negara kebangsaan yang berketuhanan.

Menurut Mahfud, konsep religious nation state dipilih oleh para pendiri bangsa karena rakyat Indonesia beragam kepercayaannya.

Mahfud menjelaskan bahwa toleransi harus menjadi ciri khas rakyat Indonesia dan menganggap perbedaan adalah ciptaan Tuhan.

Menurutnya, alasan para pendiri bangsa memilih konsep religious nation state bukan Islamic nation state karena rakyat Indonesia beragam kepercayaannya sehingga menyebut Tuhannya dengan nama dan penghayatan yang berbeda.

Baca Juga:  Barisan Gamaken Sumenep Deklarasi Menangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

“Tuhan kita berbeda-beda antarpemeluk agama dan di situ kita dipersatukan oleh perbedaan,” ujarnya.

Hal ini menjadi dasar dari NKRI yang religious nation state berdasarkan Pancasila.

Mahfud menyatakan bahwa rakyat Indonesia paham perbedaan dan menerima perbedaan karena Allah yang menciptakan dan berkuasa.

Menurutnya, jika Allah mau menyatukan agama, maka bisa, tetapi Allah sendiri yang menciptakan perbedaan.

Mahfud mengatakan bahwa usai Idulfitri, seluruh rakyat Indonesia hendaknya mengembalikan Tanah Air pada asal muasalnya yang fitri atau suci.

Baca Juga:  Barisan Gamaken Sumenep Deklarasi Menangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Mahfud meminta umat Islam untuk mempertahankan toleransi dan menjadi panutan bagi negara lain.

Ia menegaskan bahwa toleransi harus menjadi budaya bagi rakyat Indonesia, sehingga Indonesia dapat menjadi teladan bagi negara lain.

Menurut Mahfud, sikap toleransi rakyat Indonesia harus dipertahankan agar Indonesia tidak menjadi negara yang terpecah-belah.

Mahfud juga mengajak umat Islam untuk menerapkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam berkomunikasi dengan sesama.

Menurutnya, toleransi akan membuat kehidupan masyarakat lebih damai dan harmonis.

Mahfud juga menyampaikan bahwa negara Indonesia harus melindungi hak minoritas dan menjaga keberagaman Indonesia.

Ia menegaskan bahwa semua agama harus dihormati dan dilindungi oleh negara.

Baca Juga:  Barisan Gamaken Sumenep Deklarasi Menangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Menurut Mahfud, agama adalah jalan kebenaran yang berbeda-beda, namun sama-sama mengajarkan kebaikan dan perdamaian.

Mahfud menekankan bahwa rakyat Indonesia harus bersatu dan menjaga persatuan, sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang maju dan sejahtera.

Mahfud juga menyinggung tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi saat ini.

Menurutnya, persatuan dan kesatuan Indonesia adalah hal yang paling utama dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada di Indonesia.

Mahfud mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu dan bekerja sama untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik dan maju di masa depan.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT