Minggu, Juli 21, 2024

Marak Reklamasi di Desa Aeng Panas, Prahara Minta APH Tindak Tegas

Thejatim. Reklamasi di sepanjang pesisir Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur belakangan ini tampak marak dilakukan oleh oknom yang tidak bertanggung jawab.

Akibatnya, sejumlah tanaman bakau yang biasanya tumbuh di sepanjang pesisir Desa Aeng Panas itu terus berkurang. Utamanya, yang terletak di sebelah barat Dermaga Aeng Panas. Pemicunya, karena reklamasi pantai kian marak.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Kapolri Apresiasi Serbuan Vaksinasi Merdeka di Jatim

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pergerakan Mahasiswa Madura (Prahara) Haidar Ansori  mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan maraknya reklamasi yang terjadi di pesisir Desa Aeng Panas tersebut.

Karena menurutnya, adanya reklamasi yang diduga tidak berijin tersebut akan merusak alam dan biota laut hingga akses masyarakat untuk ke pantai akan terbatas.

”Selain banyak yang tidak berizin, kegiatan reklamasi tersebut jelas merusak lingkungan,” ucapnya saat ditemui awak media,  Selasa (09/08/2022)

Baca Juga:  Bangun Sinergi Tegakkan Hukum, PC PMII Sumenep Silaturahmi dengan Kejari Sumenep

Menurut Haidar, reklamasi pantai sudah diatur dalam Peraturan Presiden (PP) 122/2012 tentang reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Sehingga reklamasi yang ada di sekitar dermaga Aeng Panas diduga melanggar PP.

“Yang saya heran kemana pemerintah setempat, kok ini dibiarkan,” tanya Haidar

Haidar meminta Pemkab Sumenep segera bertindak. Sebab, kondisi disepanjang Dermaga Aeng Panas sangat memprihatinkan sejak maraknya reklamasi.

Baca Juga:  Aktivis FAKTA Fundation Nilai Pemkab Sumenep Tak Transparan Soal Anggaran di Tengah Kemiskinan Ekstrem

“Saya minta Penegak hukum segera menindak tegas, jika tetap dibiarkan, saya akan laporkan kepada pihak yang berwajib, karena itu jelas melanggar,” tegasnya (An)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT