Senin, Juli 22, 2024

Memahami Alasan di Balik Turnover Karyawan, Berikut Penanganannya

Thejatim.com – Turnover dalam perusahaan adalah fenomena saat karyawan meninggalkan pekerjaannya atau resign dan digantikan dengan karyawan baru.

Meski dianggap lumrah dalam dunia kerja, turnover karyawan, khususnya dengan frekuensi yang tinggi, dapat berdampak negatif terhadap produktivitas tim dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, manajer ataupun pimpinan wajib mengetahui penyebab turnover pada perusahaan agar dapat merancang langkah mitigasi.

Baca Juga:  Cara Cerdas Wujudkan Mimpi Lewat Investasi di Danamon

Umumnya, turnover pada perusahaan disebabkan oleh sejumlah faktor. Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya.

1.       Gaji tidak memadai

Salah satu alasan umum di balik turnover karyawan adalah gaji yang tidak memadai. Karyawan merasa bahwa mereka tidak dibayar cukup atas pekerjaan yang mereka lakukan. Mereka juga merasa tidak diberikan kenaikan gaji atau bonus yang cukup sebagai bentuk penghargaan terhadap kontribusi yang telah diberikan untuk perusahaan. Atas alasan tersebut, tak heran jika karyawan memiliki keinginan untuk mencari dan gaji dan bonus yang lebih baik di perusahaan lain.

Baca Juga:  Senyum Merekah di Kepulauan Seribu

2.       Minim kesempatan pengembangan karier

Karyawan yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk berkembang dan maju dalam kariernya biasanya juga akan mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan di perusahaan lain. Terlebih, jika perusahaan yang dituju menawarkan peluang lebih baik.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT