Jumat, Juli 19, 2024

PWI Jatim akan kabulkan Permintaan Wali Kota Surabaya

TheJatim. Surabaya – Konferensi Perhimpunan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur (Jatim) ke-XV yang digelar di Hotel Mercure Surabaya, pada Rabu (17/11/2021). Menghasilkan terpilihnya Lutfil Hakim menjadi Ketua PWI Jatim, untuk periode 2021-2026.

Lutfil Hakim unggul telak dari petahana, denngan mendapat 237 suara, selisih 121 suara dari Ainur Rohim, yang mendapat 116 suara.

Setelah ditetapkan sebagai Ketua PWI Jatim terpilih, Ia mengatakan ada dua kewajiban PWI Jatim dalam menjalankan program organisasinya.

Baca Juga:  Khawatir Banjir Rob Kawasan Pesisir, Walikota Surabaya Siapkan Sarpras

“Kalau di organisasi PWI Jatim kewajibannya ada 2, yang pertama wajib menambah kapasitas anggota ini, dalam artian (peningkatan ,red) skil dan kompetensi,” jelasnya.

Selain menambah kapasitas, Ia mengakui bahwa, perlindungan terhadap insan pers, ialah yang paling penting. “Karena profesi ini ada resiko hukum, pengancaman dan banyak sekali kasus kekerasan terhada jurnalis,” jelasnya.

Baca Juga:  Empat Anak Enggan Bersekolah, Wali Kota Surabaya Beri Motivasi dan Bantuan

Selanjutnya, Ia menceritakan, beberapa waktu yang lalu. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengunjungi PWI Jatim, dengan bermaksud menanyakan apakah bisa, Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan di Surabaya selevel dengan PWI di tingkat Kabupaten atau Kota.

“Tadi sudah dijawab oleh Ketua (Atal S Depari, Ketua Umum PWI Pusat), bahwa itu bisa. Jadi, Pokja Wartawan Surabaya, bisa setingkat PWI Kabupaten (atau ,red) Kota lainnya, tapi namanya ‘Pokja Surabaya’,” jelasnya.

Baca Juga:  Tak Sepakat Bangun Tunnel, DPRD Surabaya Sarankan Ini Untuk Hemat Anggaran

Menurutnya, dengan solusi yang diberikan oleh Ketua Umum PWI Pusat, sangat memungkinkan untuk Pemerintah Kota Surabaya bisa bekerjasama dengan Pokja Surabaya secara formal.

“Kayak SIWO gitulah, kan seksi itu. (Kalau) SIWO, Seksi Wartawan Olahraga, nanti seksi wartawan Pemkot (Surabaya). Jadi di kopnya (kop surat) tertulis Seksi Wartawan Pemkot, (tanda) kutip PWI Jatim, gitu aja,” jelasnya.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT