Minggu, Juli 21, 2024

Produksi Padi di Jawa Timur: Prestasi Terbesar dan Tantangan Konsistensi Produksi

Thejatim. Surabaya – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi padi nasional pada tahun 2022 mencapai 54,78 juta ton gabah kering giling (GKG). Angka ini menunjukkan peningkatan yang relatif kecil sebesar 0,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Meskipun peningkatannya tergolong tipis, angka tersebut tetap mengindikasikan upaya yang dilakukan dalam mempertahankan produksi padi nasional.

Pada tahun 2022, Jawa Timur menjadi produsen padi terbesar di Indonesia, dengan mencapai produksi sebanyak 9,52 juta ton GKG atau sekitar 17,39% dari total produksi padi nasional, sebagaimana sesuai data yang dirilis oleh BPS pada tahun 2022. Prestasi ini menegaskan kontribusi signifikan yang diberikan oleh provinsi Jawa Timur dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Baca Juga:  Melampaui Batas UU HKPD: Berikut Rasio Belanja Pegawai di Daerah Jawa Timur 2023, Cek Daerahmu!!

Namun, jika kita melihat data produksi padi di Jawa Timur selama lima tahun terakhir, terdapat tren penurunan yang perlu diperhatikan.

Trend penurunan produksi padi Jawa Timur dalam lima tahun terakhir ini menimbulkan kekhawatiran yang perlu diatasi. Upaya perbaikan dan peningkatan produktivitas di sektor pertanian menjadi sangat penting untuk mengatasi penurunan produksi yang terjadi.

Baca Juga:  Tim Bola Voli Putri Indonesia Siap Berjuang di Semifinal SEA Games 2023, Siapa Lawannya?

Berikut pertumbuhan produksi padi di Jawa Timur dalam persentase selama lima tahun terakhir:

Tren Produksi Padi Jawa Timur

Pada tahun 2018, produksi padi di Jawa Timur mencapai 10.2 juta ton. Dalam setahun, terjadi penurunan sebesar 6,1% menjadi 9.6 juta ton pada tahun 2019.

Pada tahun 2020, terdapat peningkatan sebesar 3,8% dengan produksi padi mencapai 9.9 juta ton. Namun, pada tahun 2021, terjadi penurunan sebesar 1,6% menjadi 9.7 juta ton.

Baca Juga:  Koalisi Inti, Poros Alternatif untuk Meminimalisir Polarisasi pada Pilpres 2024

Pada tahun 2022, produksi padi di Jawa Timur mengalami penurunan sebesar 2,7% menjadi 9.5 juta ton. Dalam kurun lima tahun terakhir, terdapat penurunan total sebesar 6,6%. (mf)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Populer
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkait
ADVERTISEMENT